PROMOSI
Pada saat ini dengan persaingan
pasar yang sangat ketat maka perusahaan dituntut berlomba-lomba untuk menarik
perhatian dengan menciptakan konsep pemasaran yang berbeda dan kreatif. Salah satu kegiatan perusahaan dalam
memasarkan produknya adalah dengan melakukan promosi. Promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk
atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi produsen atau distributor mengharapkan kenaikannya angka penjualan. Di dalam suatu perusahaan, promosi
adalah bagian yang tidak kalah penting. Tujuan dari promosi diantaranya adalah
untuk mendapatkan kenaikan penjualan dan profit/laba serta menyebarkan
informasi produk kepada target pasar potensial. Media yang digunakan dalam
promosi sangat beragam diantaranya dapat melalui media sosial, iklan, sms,
e-mail, dll. Dengan beragamnya media penyampaian promosi maka tingkat efektif
yang didapatkan berbeda. Contoh dari kegiatan promosi diantaranya dengan
mengadakan discount terhadap produk yang ditawarkan atau dengan cara buy one get
one free.
Di
dalam promosi sering dikenal dengan istilah bauran promosi. Bauran promosi
merupakan kombinasi dari srtategi yang paling baik dari periklanan, personal
selling, promosi penjualan, dan public relation dengan ciri dan biaya
yang berbeda. Sehingga pemasar harus memahami betul bagaimana sarana yang tepat
dalam memasarkan produk/jasa yang semuanya direncanakan untuk mencapai tujuan
program penjualan. Dari definisi diatas dapat disimpulkan bahwa kegiatan promosi
adalah bentuk-bentuk komunikasi yang digunakan perusahaan untuk memberikan
informasi tentang adanya suatu produk beserta kelebihannya atau manfaatnya.
Kemudian membujuk, mempengaruhi, dan meyakinkan konsumen agar mau membeli dan
menggunakan produk tersebut serta mengingatkan pelanggan sasaran tentang produk
atau jasa yang ditawarkan sehingga akan meningkatkan volume penjualan
barang/jasa.
Daftar pustaka
*http://id.wikipedia.org/wiki/Promosi_%28pemasaran%29
*Buchari Alma, Manajemen
Pemasaran dan pemasaran jasa, (Bandung: Alfabeta,2000).
*Charles W. Lamb, Jr.
Joseph F. Hair, Jr. Dan Carl McDaniel, Pemasaran, (Jakarta: Salemba
Emban Patria, 2001).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar