Senin, 24 Maret 2014

Bahasa Indonesia (Tugas1)

PROMOSI

     Pada saat ini dengan persaingan pasar yang sangat ketat maka perusahaan dituntut berlomba-lomba untuk menarik perhatian dengan menciptakan konsep pemasaran yang berbeda dan kreatif.  Salah satu kegiatan perusahaan dalam memasarkan produknya adalah dengan melakukan promosi. Promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi produsen atau distributor mengharapkan kenaikannya angka penjualan. Di dalam suatu perusahaan, promosi adalah bagian yang tidak kalah penting. Tujuan dari promosi diantaranya adalah untuk mendapatkan kenaikan penjualan dan profit/laba serta menyebarkan informasi produk kepada target pasar potensial. Media yang digunakan dalam promosi sangat beragam diantaranya dapat melalui media sosial, iklan, sms, e-mail, dll. Dengan beragamnya media penyampaian promosi maka tingkat efektif yang didapatkan berbeda. Contoh dari kegiatan promosi diantaranya dengan mengadakan discount terhadap produk yang ditawarkan atau dengan cara buy one get one free.
Di dalam promosi sering dikenal dengan istilah bauran promosi. Bauran promosi merupakan kombinasi dari srtategi yang paling baik dari periklanan, personal selling, promosi penjualan, dan public relation dengan ciri dan biaya yang berbeda. Sehingga pemasar harus memahami betul bagaimana sarana yang tepat dalam memasarkan produk/jasa yang semuanya direncanakan untuk mencapai tujuan program penjualan. Dari definisi diatas dapat disimpulkan bahwa kegiatan promosi adalah bentuk-bentuk komunikasi yang digunakan perusahaan untuk memberikan informasi tentang adanya suatu produk beserta kelebihannya atau manfaatnya. Kemudian membujuk, mempengaruhi, dan meyakinkan konsumen agar mau membeli dan menggunakan produk tersebut serta mengingatkan pelanggan sasaran tentang produk atau jasa yang ditawarkan sehingga akan meningkatkan volume penjualan barang/jasa.

Daftar pustaka
*http://id.wikipedia.org/wiki/Promosi_%28pemasaran%29
*Buchari Alma, Manajemen Pemasaran dan pemasaran jasa, (Bandung: Alfabeta,2000).
*Charles W. Lamb, Jr. Joseph F. Hair, Jr. Dan Carl McDaniel, Pemasaran, (Jakarta: Salemba Emban Patria, 2001).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar